Wordpress Free ThemesOnline TipsArticles DirectoryForeclosure HelpHouse For Sale By OwnerHouse StagingProperty Management

Terkini :

Mohon maaf untuk sementara vakum dari kegiatan :D

Selamat datang di Palinukan, Komunitas Pengguna Linux Hulu Sungai…

Belajar Pemrograman (1)

| 20 May 2010 | 11 Comments

Setelah mengenal apa itu Lazarus pada tulisan sebelumnya, langsung saja kita tancap gas. Program pertama yang akan kita buat adalah program “Hello World”. Program kecil ini sepertinya telah menjadi hal wajib saat pertama belajar pemrograman. Idenya adalah kita akan membuat satu jendela yang memiliki satu tombol. Jika tombol tersebut di klik maka akan tampil tulisan “Hello World, saya belajar pemrogaman di Linux”.Langkah pertama kita buka RAD Lazarus dengan cara klik menu utama => Pemrogaman => Lazarus. Tunggu hingga semua jendela RAD Lazarus selesai di Loading.

IDE Lazarus

Pada gambar di atas, Integrated Development Environment (IDE) terdiri dari 4 bagian penting.

  1. Component Pallete
  2. Code Editor
  3. Form Designer
  4. Property Editor

Pekerjaan kita membuat tampilan grafik program pada bagian Form Designer. Kita tinggal klik pada komponen yang ingin ditambahkah seperti tombol, menu, dsb dari Component Pallate. Lalu component yang kita letakkan di Form Designer itu bisa kita ubah propertynya di Property Editor. Arti dari property adalah berbagai setting dan pengaturan komponen. Misalnya komponen tombol bisa kita ubah tulisan judulnya pada property Caption, demikian pulan tinggi, lebar, warna dan sebagainya bisa diatur ulang di Property Editor.

Setiap komponen memiliki Event yang merupakan kejadian yang berhubungan dengan komponen tersebut. Misalnya komponen tombol jika di klik maka event yang dinamakan OnClick akan dijalankan. Penulisan event dengan cara double click tombol tersebut maka kita akan dibawa ke Code Editor. Pada Code Editor ini kita menuliskan kode program apa yang ingin dijalankan saat tombol di klik pada bagian OnClick.

Bagaimana? sudah pusing? hehehe…sama. OK, supaya jangan terlalu banyak teori langsung kita praktekkan. Kita ingin membuat sebuah program “Hello World” yang terdiri dari sebuah jendela dengan judul diatasnya “Program pertamaku”. Pada form ini akan kita tambahkan satu buah tombol dengan tulisan “OK”. Jika tombol ini diklik maka akan tampil sebuah pesan “Hello World, Selamat belajar pemrogaman di Linux”.

Pertama kita tampilkan jendela “Form1” yang secara otomatis telah dibuat oleh Lazarus. Jika Form1 belum tampak maka kita tampilkan dengan cara menekan F12 atau klik menu “Window => Form1”. Sekarang kita akan mengubah property caption (judul) form1 dengan cara

  1. Klik pada form kosong
  2. Berpindah ke property editor dan ubah caption menjadi “Program Pertamaku” [enter].
Design Form

Kemudian kita akan mengubah judul (caption) tombol (button1) menjadi “OK” dengan cara:

  1. Klik pada button1
  2. Pindah ke Property Editor dan ubah caption menjadi “OK” lalu [enter]

Sampai disini kita telah melakukan desain GUI pada form designer dan property editor. Sekarang kita masuk ke penulisan kode program. Skenarionya: jika tombol (button1) diklik maka program akan menampilkan pesan tertentu. Caranya:

  1. Klik pada button1
  2. Pindah ke property editor lalu kita klik tab “Event”
  3. cari event “OnClick” lalu double click di sana
  4. Jendela code editor akan terbuka lalu kita ketik:

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
ShowMessage(‘Hello World, Selamat belajar pemrogaman di Linux’);
end;

Anda bingung dengan kode yang ada? jangan khawatir kita hanya fokus pada code “ShowMessage(‘Hello World, Selamat belajar pemrogaman di Linux’);” sedangkan code yang lainnya otomatis dibuatkan oleh Lazarus. Arti dari event onClick yang melekat pada button1 (tombol OK) adalah jika user mengklik tombol tersebut maka program akan mengeksekusi kode untuk menampilkan pesan di atas.

Nah, gampang kan? kita sudah mendesaing GUI, menulis kode. Selanjutnya perlu kita compile untuk mencek apakah penulisan kode ada kesalahan ketik. Cara mengkompile dengan menekan tombol Ctrl+F9. Jika ada kesalahan maka pada jendela pesan akan diberitahukan dimana letak kesalahan syntaksis bahasa Pascal. Misalnya kita tertinggal menuliskan tanda petik dua ( ” ) yang seharusnya ditambahkan disetiap akhir baris.

Setelah compile statusnya sukses. Selanjutnya kita coba jalankan (run) program yang kita buat. Caranya tekan ‘F9’. Maka program akan tampil dan bisa kita coba. Demikian seterusnya berulang proses: design GUI – tulis code – compile – run. Jika semua sudah sesuai kita harapkan lalu project kita save pada folder tertentu. Nanti setelah di run sekali lagi maka pada folder tersebut akan terdapat sebuah file yang bisa dieksekusi biasanya nama file nya sama dengan nama project. Misal pada folder saya terdapat file project1 yang bisa dieksekui. Inilah yang kita hasilkan sebagai program jadi, selebihnya adalah file kode yang diperlukan jika kita ingin mengedit kembali program tersebut.

Uffss.. sudah selesai program pertama kita. Silakan dicoba dulu sebelum kita lanjut ke bagian berikutnya.

Tags: , ,

Category: Pemrograman, Tutorial

About the Author ()

Comments (11)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. budimeeong says:

    biar tanganga mambacanya, tatap balajar…^^
    tengs pa

  2. syams says:

    hahaha….nang meulah tutorialnya gin sbenarnya tanganga jua…tapi kesahnya ja faham hehehehe….

  3. budimeeong says:

    bah mun p tu dah tebukti pa ae..tangaga paling dak manyulum gaguduh pas maulah tulisannya :mrgreen:

  4. syams says:

    rencana ku kaina kuulah tutorial meulah sofware Billing pakai Lazarus… ini kan tepakai.

  5. budimeeong says:

    nah bujur tu pa ae…wan buktinya dah ampuh banar…tu masih dipakai di GrandNet…

  6. syams says:

    Kalau yang semalam tu masih blm mengguankan database jadi susah menyimpan log nya…kalau yang baru ni rencana mau kusimpan ke MySQL

  7. budimeeong says:

    wah harat lg tu pa ae…siap haja nah kami mancobaakan..hihi

  8. Meinstal lazarus jua amun kaya ini kisahnya hahaha….makasih Pa Syams atas tutorialnya…

  9. Muslih says:

    Mantap pa…mun kaeni u banting setir ka programing ja gan dah…lanjutkan pa…

  10. raza says:

    mantap banar ai sidin naya…

  11. Sekedar info, barangkali teman-teman tertarik dengan Code Typhon ? Code Typhon adalah lazarus yang telah dipaket dengan banyak komponen. Diantaranya beberapa game engine yang populer, semisal GL-Scene.

    Cek ulasan saya di http://lazarus-id.blogspot.com/2012/08/code-typhon-280-released.html

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.